Keadilan ALLAH SWT

Bertanya dimana letak keadilan ALLAH SWT..?
Hikmah-Jadikanlah-Pelajaran

     Sungguh sangatlah mengherankan bila kita bertanya tentang keadilan Allah SWT, yang seharusnya dipertanyakan adalah kenapa, bagaimana, ada apa dengan keadilan manusia yang ada di muka bumi ini..?ada apa dengan pemikiran manusia..? kadang kita berfikir kalau Allah SWT tidaklah adil terhadap kita. Padahal kalau kita telusuri lebih dalam lagi bahwa keadilan Allah adalah sempurna. Tidak ada cacat sedikitpun, tidak ada ingkar janji, tidak akan berubah sampai hari pengadilan (pertanggung jawaban) dihari nanti, dikehidupan yang akan datang.
        Pernah suatu hari seorang temen saya bertanya kepada saya dimana letak keadilan Allah SWT..? beliau bertanya karena ada sebab yang di inginkan tidak pernah kunjung datang, salah satu contoh alasan yang beliau ungkapkan pada saya tentang Usaha yang tak pernah sukses. Hampir disetiap 3/4 malam beliau selalu sholat malem dan berdo'a mohon keberhasilan tapi tetap saja Allah SWT belum mengabulkan permohonannya pengertian yang sangat dangkal tentang keadilan Allah SWT, pemahaman yang kerdil sekali bila pemahaman keadilan Allah hanya sebatas itu.
         Keadilan Allah SWT bukan saja untuk manusia tetapi untuk semua makhluk (ciptaan_Nya), mencakup semuanya baik itu tumbuhan, hewan, manusia atau alam semesta ini. apakah benar kalau alam semesta juga dapat keadilan dari Allah SWT..? Silahkan baca Alam bertasbih dInsyaAllah lain waktu saya share kan. mari kita lanjutkan...


Keadilan Allah yang sesungguhnya sudahlah pasti, bila kita ta'at dan taQwa kepada Allah SWT dan Rosul__nya maka balasan dari Allah nikmat surgawi dan apabila kita melanggar dan mengingkarinya maka balasan_nya adalah Api Neraka. Hal yang tidak pernah bisa di rubah dan tidak pernah bisa di ingakri itulah keadilan Allah SWT. dengan pengertian dan pemikiran kesana InsyaAllah kita tidak akan pernah lagi bertanya Keadilan Allah dimana?
menjawab pertanyaan teman saya tadi, begitu hebatnya beliau beribadah tetapi hanya untuk sesuatu yang bersifat sementara, (hmm,, sangatlah disayangkan). namun Alhadulillah setelah banyak sharing dengan para kiyai dan para ustadz, temen saya menjadi faham dengan apa yang di pertanyakannya. Harta bukanlah jaminan dihadapan Allah tetapi justru bahan laporan pertanggung jawaban nanti, dikemanakan harta yang didapat apakah dipakai untuk hal yang baik atau yang salah? bagaikmana cara mencarinya, apakah dengan cara halal ataukah dengan yang tidak halal? banyak sekali laporan pertanggung jawaban nanti diakhirat.
       Siapa yang bersyukur kepada Allah SWT dengan nikamt yang diberikan pasti Allah SWT akan menambah nikmat_Nya, itu janji Allah SWT dan tidak pernah berubah. sebagai mana  Allah SWT yang artinya: " Apabila Kalian mensyukuri Nikmatku pasti Aku (ALLAH) tambah nikmat kalian dan barang siapa yang mengingkarinya sesungguhnya adzab ALLAH sangatlah pedih (dahsyat). dari pengertian tadi apakah Allah tidak adil?
           Kesimpulannya bahwa Allah SWT memberikan sesuatu pada kita menurut ukurannya masing-masing, jangan pernah bertanya dimana Letak keadilan Allah SWT, tetapi mulailah dari sekarang sampai dimana keadilan kita terhadap Allah SWT? ibadah kita, keIkhlasan kita dalam menjalankan perintah-perintah Allah SWT. Mari kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita agar segala aral dan rintyang di mudahkan oleh Allah SWT. amin semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi hikmah dan dapat diamalkan dengan penuh keikhlasan.

Mohon maaf bila ada kata dan penulisan yang salah, itu karena kekhilafan saya pribadi. kritik dan saran sangat bermanfaat kami. Terimakasih