Alam Semesta Bertasbih

Alam Semesta Bertasbih

      Sebagian besar dari kita mungkin tidak tahu bahwa sesungguhnya bumi yang kita pijak ini selalu melantunkan ayat-ayat yang mengagungkan pemilik alam semesta, mulai dari alam yang sangat bawah sampai langit yang sangat atas sekalipun (menurut tata letak, kita yang dibumi), semuanya alam bertasbih.
Andai beribu-ribu andai, Allah SWT memaparkan kejelasan semuanya, pepohonan bisa terdengar bertasbihnya, batu, air, tanah, udara dan banyak lagi, suasana takbir yang biasa terdapat di hari raya Ied baik itu 'Iedul fitri atau 'Iedul adha atau waktu terjadinya gerhana tiadak akan semeriah itu, karena suasana takbir dan tasbih selalu terkumandang jelas dari second ke detik, dari detik ke menit, dari menit ke jam sampai hari berganti hari tidak akan pernah berhenti semua Alam semesta bertasbih.


   
     Alam semesta itu bertasbih kepada Allah SWT, bertasbihnya alam itu sepanjang yang diketahui manusia mentaati hukum sunatullah dan tunduk pada Iradat (kehendak) Allah SWT. Bagaimana alam itu bertasbih dirahasiakan Allah SWT terhadap manusia, tetapi sedikit banyak dapat dipahami dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu Allah menyuruh agar manusia membaca alam.


Allah SWT berfirman:

Surah Al-Hadid_1

(al ayat)...سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih (Alam Semesta Bertasbih)   kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). dan dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ( Surat Al Hadid ayat 1).


 Al Isra_44

تُسَبِّحُ لَه‘ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَاَلْأَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّ 4 وَإِنَّ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَاكِنْ لاَ تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْ إِنَّه‘ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا
Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih (alam Semesta bertasbih)   kepada Allah. dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.( Al Isra ayat 44).

An Nuur_41

Artinya:
Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Shaad_18
Artinya :
Sesungguhnya Kami (allah) menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi.

         Masih banyak lagi ayat-ayat yang menerangkan tentang Bertasbihnya Alam semesta kepada Allah SWT. Keadilan Allah SWT mencakup semua yang diciptakannya termasuk alam. Apakah kita tidak malu kalau kita lupa dengan siapa dan kemana tujuan hidup kita ini? bertanya tentang keadilan Allah SWT sedangkan alam yang dianggap oleh kita diam, bisu, tidak bergerak masih merasakan keadilan Allah SWT (baca Keadilan Allah SWT klik disini ) sedangkan kita sebagai manusia yang disempurnakan oleh Allah SWT dari semua Makhluk ciptaan_Nya masih juga selalu bertanya keadilan Allah SWT.
           Sungguh KUASA ALLAH SWT. hal yang kita tidak tahu menjadi jelas karena adanya Akal kesempurnaan yang diberika kepada kita dari Allah SWT. SubhanaALLAH,,, Engkau yang maha SUCI dan Maha Kuasa, Ucapan takbir atau kalimat dzikir lainnya akan menjadi sebab seseorang mendapat pertolongan Allah SWT manakala dzikirnya itu sudah menjadi amalan (pekerjaan rutinitas sehari-hari) untuk dirinya yang mengerjakannya. Dari segi kajian Ilmu Tauhid, dzikrullah adalah penghayatan syukur kepada Allah SWT karena itu setiap muslim seharusnya mengkaji, memahami dan mengamalkannya baik secara sendiri sendiri maupun secara jama’ah. Dalam Al-Qur'an banyak ayat yang di akhiri kalimat selalu disisipkan perintah untuk berfikir (yatafakkarun), yang mengetahui( ya'lamun), berakal(ya'Qilun).. Coba anda fahami kandun gan isi AlQur'an. Agar kita semua selalu menjadi orang yang Taat kepada ALLAH SWT (bertaqwa). Dijauhkan diri kita yang terjerumus pada godaan syaitan yang selalu menggoda dimanapun dan bagaimanapun kita berada.(baca Ta'awudz).

Aminkan Do'a Ini..

ya Allah..
kami adalah orang-orang fakir, maka berilah kami rizki yang manfaat dan berkah didunia dan diakhirat,
kami adalah orang-orang pendosa, maka ampunilah kami dari adzab MU ya robb,
kami adalah orang-orang yang tidak pernah bersyukur, maka rubahlah kami dan jadikanlah kami orang yang ta'at yang selalu bersyukur dan tunduk seperti orang yang shaleh tunduk kepada Engkau ya robb...
Kami adalah orang-orang yang durhaka. Maka ampunilah kami dan kedua orangtua kami, sebagaimana orang tua kami mengurus kami diwaktu kecil, muliakanlah orang tua kami, tinggikan derajat orang tua kami dihadapan MU ya robb. jadikanlah orang tua kami selalu dlam lindungan Engkau..
Amin